| HOME | WRITING | IND-CLIPPING | ENG-CLIPPING | MUSIC |
Wednesday, July 05, 2006,12:04 PM

Dialektika Palsu Dua Wajah Islam

Zaim Saidi
Pengamat Politik

IBelakangan ini di tengah kita muncul suatu gambaran seolah ada dua wajah Islam: radikal versus liberal. Mengikuti dialektika ini, umat Islam dibagi menjadi dua: Muslim baik dan Muslim jahat. Gambaran ini merupakan sebuah dialektika yang ditampilkan oleh media massa Barat, sejak 1980-an dan terutama pasca peristiwa 9/11 (2001).

ITapi kemudian gambaran ini seolah dibenarkan sebagai sebuah realitas, bahkan oleh kalangan umat Islam sendiri. Akibatnya, setidaknya dalam kesan, berlangsunglah konflik sesama umat Islam sendiri. Tulisan ini ingin menunjukkan bahwa dialektika Islam fundamental dan Islam liberal tersebut bukan saja suatu dialektika palsu, tapi bahkan memperlihatkan motif-motif tertentu di baliknya. Dalam kenyataan yang benar, tentu saja, Islam adalah dien yang cuma satu sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, melalui Alquran dan Sunnah. Syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji, adalah pilar-pilar Islam yang berada dalam realitas sosial, yang dapat dilakukan hanya dengan dasar legalitas (syariah).

IDalam pandangan legal, tentu tidak ada sesuatu hal yang radikal atau liberal. Yang ada hanya yang benar (legal) atau yang salah (ilegal). Berpuasa Ramadhan hanya dapat dilakukan secara benar yaitu sebulan penuh, tidak bisa menjadi radikal, lalu dilakukan dua bulan, misalnya, atau secara liberalistik, menjadi setengah bulan saja.

IMotif ganda
Seperti telah disingggung sebelumnya dialektika dua wajah Islam di atas merupakan bagian dari upaya untuk mendefinisikan Muslim sebagai Muslim jahat (radikal, teroris) dan Muslim baik (liberal, moderat). Dalam kenyataannya, terorisme yang dilakukan hanya oleh satu-dua pihak, walaupun pelakunya Muslim, tidak bisa dikategorikan sebagai (tindakan) Islam.

IIslam berakar pada kata salam yang berarti damai. Maka Islam radikal adalah sebuah contradictio in terminis. Dalam Islam, tindakan kekerasan, terorisme, apalagi melalui teknik (bom) bunuh diri, merupakan perbuatan ilegal dan haram hukumnya. Sebab, dalam hukum Islam, untuk berjihad pun ada batasan-batasannya, bukan merupakan tindakan individual anarkis. Sebaliknya Islam liberal, merupakan bagian dari fenomena pembaruan Islam, dengan tujuan untuk mengasimilasikannya dalam ideologi kapitalisme.

IYang patut dipahami umat Islam, dialektika dua wajah Islam ini pada akhirnya berimplikasi ganda bagi kaum Muslim. Keduanya diperlukan bagi keberlangsungan kapitalisme itu sendiri. Pertama, dengan agak menyederhanakan masalah, dapat dikatakan bahwa wajah 'Islam jahat' ditampilkan untuk menimbulkan psikologi 'bersalah dan malu' di kalangan Muslim. Ini kemudian akan bermuara pada pembenaran bagi kalangan Muslim untuk menjadi 'Muslim baik'. Ini berarti kaum Muslim didorong semakin pragmatis, mengasimilasikan Islam dalam sistem kapitalis, sebagai bayaran dari 'rasa malu dan bersalah'.

IKedua, sasaran sebaliknya yang dibidik dari kalangan 'Muslim jahat' adalah suatu pembenaran yang teramat kuat bagi kapitalisme untuk secara represif mendesakkan dominasinya. Untuk dapat lebih memahami strategi dialektika palsu ini penting kiranya dimengerti perkembangan termutakhir dari kapitalisme. Kapitalisme mutakhir telah muncul sebagai kekuatan totaliter, di balik retorika liberalisme. Demokrasi, sebagai front politiknya pun, makin menjadi terminologi kosong dan menunjukkan jati dirinya sebagai bagian dari totalitarianisme tersebut.

IAkhir kapitalisme
Meminjam teori Carl Schmitt, pemikir hukum Jerman, kapitalisme akhir dapat dideskripsikan sebagai tercapainya nihilisme, yang bermakna 'dipisahkanya pemerintahan dari lokasi' (the separation of order and location). Yakni lepasnya otoritas yang kini berada di tangan kapitalis global dari lokasi negara-bangsa demokratis. Dengan dominasi kapitalisme global ini, kedaulatan nasional telah jadi tak relevan.

ISchmitt lebih jauh merumuskan otoritas (kewenangan) sebagai 'pihak yang dapat memutuskan dalam keadaan darurat' (state of emergency), yang sebagai konsekuensi dari nihilismesepenuhnya di luar domain negara-bangsa. Nihilisme juga berarti matinya demokrasi. Gambaran tentang telah berakhirnya demokrasi sebagai paradoks dari paham liberalisme yang mendasarinya, diuraikan dengan gamblang oleh Giorgio Agamben, pemikir Italia. Ia menyatakan tujuan akhir kekuasaan politik modern bukan lagi kedaulatan negara nasional, melainkan rumah tahanan (concentration camp). Hal ini dapat dikaitkan persis dengan rentetan legalisasi gerakan antiterorisme.

IYang kini telah terjadi adalah lengkapnya transisi hukum dari 'keadaan normal ke keadaan darurat'. Kekuasaan totaliter kapitalisme atas kehidupan menjadi sempurna. Seseorang yang disekap dalam sebuah kamp adalah seseorang yang kehilangan hak dan dicerabut segala kehormatannya. Ia menjadi bukan-orang (non-person).

IPuncak kekuasaan dan kedaulatan politik yang sebenarnya akan terungkap dalam realitas kamp konsentrasi ini. Inilah tempat ketika keputusan dengan sesukanya dapat dijatuhkan untuk mengenyahkan hak bicara, hukum, dan ruang gerak seseorang, dan meninggalkannya dalam 'kehidupan telanjang' (bare life). Semua yang dikatakan oleh Agamben di awal tahun 1990-an, kini telah terwujudkan di Guantanamao dan tempat-tempat lain di sudut-sudut 'negara dunia' yang muncul di tengah kita. Bagi Agamben, sebuah kamp merupakan bagian integral dari eksistensi nomos global (kapitalisme). Dalam kamp, kewarganegaraan seseorang sebagai cermin kedaulatan nasional suatu negara telah sepenuhnya kehilangan makna. Kamp adalah lokasi tanpa otoritas.

IKesejatian Islam
Butir penting dari kaitan dua pengertian di atas nihilisme dan kedaulatan dalam konteks realitas saat ini adalah bahwa fenomena global kapitalisme demokratis telah memberikan toleransi atas keadaan darurat yang permanen dan atas fenomena kamp. Paradigma 'keamanan total' kini telah menjadi norma umum sebagai teknik untuk menguasai, menggantikan 'keadaan darurat' yang semula merupakan tindak perkecualian. Fenomena terorisme, dengan demikian, adalah fenomena yang diperlukan dan menguntungkan kapitalisme itu sendiri.

IDalam konteks dialektika palsu di atas, tindakan otoritarian atas nama antiterorisme yang ditampilkan oleh kekuatan kapital saat ini, telah mendapatkan legitimasinya dari suatu 'keadaan darurat' yang terus-menerus dan kini menjadi permanen, akibat aktivisme 'Muslim jahat'. Sebaliknya, di sisi lain, penampilan 'Islam moderat, baik', ditawarkan sebagai jalan keluar atas 'Islam jahat' tersebut. Kapitalisme, tentu saja sangat akomodatif terhadap 'wajah kedua Islam' ini.

ISebab, 'Islam moderat' adalah 'Islam modern' yang selama lebih dari satu abad berhasil mendorong proses asimilasi Islam pada kapitalisme. Bentuk-bentuk keberhasilan dan produk 'Islam modern' ini adalah tidak dapat dibedakannya lagi antara yang Islam dan yang bukan Islam. Kesimpulannya adalah sangat penting bagi umat Islam untuk memastikan kesejatian Islam itu sendiri, sebagaimana diajarkan oleh Rasulallah SAW. Dialektika 'fundamentalime versus liberalisme' adalah jebakan mematikan. Radikalisme dan liberalisme Islam adalah proyek yang sama dari kapitalisme.

Islam sepatutnya dipandang semata dalam perspektif legal, dalam arti mengikuti amal yang dipraktikkan oleh komunitas awal Islam, di Madinah al Munawarah. Islam adalah Islam, tidak radikal, tidak liberal.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home