| HOME | WRITING | IND-CLIPPING | ENG-CLIPPING | MUSIC |
Sunday, April 09, 2006,12:39 AM

DEWAN HAM PBB

Terkucil Sendiri, AS Tak Calonkan Diri Jadi Anggota

New york, jumat - Amerika Serikat yang terkucil sendirian karena merupakan satu-satunya negara yang menolak pendirian Dewan Hak Asasi Manusia PBB memutuskan untuk tidak mencalonkan diri menjadi anggota lembaga baru HAM PBB itu. Meski demikian, AS menyatakan akan membantu dan mendanai dewan baru itu.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Sean McCormack, Kamis (6/4), mengungkapkan, AS memutuskan tidak akan mencalonkan diri, dan kemungkinan baru akan berusaha mendapatkan kursi di dewan tersebut tahun depan.

AS berpendapat, badan baru itu hanya sedikit lebih baik, tetapi tidak akan bisa mencegah negara-negara pelanggar HAM duduk di komisi tersebut.

Dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan Nasional AS, menurut seorang sumber pada pertemuan itu, beberapa pejabat AS memang telah menyampaikan kemungkinan AS kalah dalam pencalonan menjadi anggota dewan baru PBB itu.

Hingga saat ini, 42 negara sudah mencalonkan diri untuk duduk di komisi tersebut, antara lain empat pemegang hak veto Dewan Keamanan PBB, yaitu Rusia, China, Inggris, dan Perancis, juga Kuba dan Iran. Komisi HAM itu akan beranggotakan 47 negara.

Konsentrasi perombakan PBB

Duta Besar AS untuk PBB John Bolton mengatakan, sejak awal AS menilai komisi itu memiliki "cacat fundamental" sehingga AS memutuskan tidak berpartisipasi pada pemilihan tahun ini dan lebih berkonsentrasi pada prioritas-prioritas lainnya, termasuk perombakan manajemen PBB. Meski demikian, Bolton mengindikasikan bahwa AS mempertimbangkan mengenai apakah bisa memenangkan pemilihan tersebut jika ikut serta.

Beberapa kelompok HAM dan anggota kongres AS kecewa dengan keputusan AS. Tom Lantos dari Demokrat menyatakan keputusan itu sebagai "kemunduran besar dalam perjuangan panjang AS untuk memajukan HAM di seluruh dunia".

Sebanyak 170 negara mendukung pembentukan Dewan HAM PBB. (AP/OKI)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home