| HOME | WRITING | IND-CLIPPING | ENG-CLIPPING | MUSIC |
Monday, May 29, 2006,1:07 PM

Tingkatkan Solidaritas Nasional

Calo Naikkan Harga Tiket Pesawat

Klaten, Kompas - Pemerintah harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para korban gempa di Yogyakarta, Klaten, dan sekitarnya karena pemerintah mempunyai dana dan struktur yang cukup. Dampak dari gempa ini jelas membutuhkan solidaritas nasional yang tinggi, karena itu tak perlu saling mengkritik.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hidayat Nur Wahid menekankan hal itu saat meninjau kondisi daerah maupun korban gempa di Klaten hari Minggu (28/5).

Ia juga mengemukakan, sekarang ini masyarakat membutuhkan sandang, pangan, dan obat-obatan. Selain itu, kondisi ekonomi masyarakat menengah ke bawah tersebut tidak memungkinkan mereka melakukan rehabilitasi dengan cepat. Jadi, mereka sangat membutuhkan pertolongan semua pihak, terutama dari pemerintah, untuk semua itu.

Karena itu, menurut Hidayat, tidak perlu saling mengkritik dan menjegal karena saat ini tidak pada tempatnya untuk saling menyalahkan. Doa maupun kunjungan sangat diperlukan oleh para korban. "Saya pun merupakan bagian dari keluarga yang terkena musibah. Rumah ibu saya habis. Rumah kakek tempat saya dilahirkan juga habis. Bude saya juga menjadi korban," kata Hidayat menambahkan.

Evakuasi

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sugiharto kepada wartawan di Solo kemarin mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan agar BUMN yang terkait dengan infrastruktur utama memobilisasi kekuatannya guna membantu korban gempa.

"Atas perintah Presiden, semuanya agar all out melakukan evakuasi tanggap darurat. Kami memobilisasi seluruh BUMN yang ada kaitannya dengan infrastruktur utama, seperti BUMN karya yang memiliki alat berat, seperti Waskita Karya, Adhi Karya, dan Wijaya Karya," katanya.

Mengenai Perusahaan Listrik Negara (PLN), ia menyatakan, sudah meminta agar PLN segera melakukan perbaikan agar aliran listrik di daerah bencana dapat segera mengalir. Menurut Sugiharto, ada lebih dari 400 megawatt aliran listrik yang terputus akibat gempa Sabtu pagi lalu itu.

Di bidang telekomunikasi, Sugiharto mengatakan, terjadi kerusakan pada jaringan fixed line dan base transceiver station (BTS) jaringan GSM (Global System for Mobile Communications). Dari 443 BTS milik Telkomsel yang ada di daerah bencana, 112 unit rusak terkena gempa. "Sekarang tinggal 30 BTS yang belum pulih," ujarnya.

Tarif pesawat

Melonjaknya jumlah calon penumpang pesawat udara tujuan Yogyakarta, Solo, dan Semarang ternyata dimanfaatkan sejumlah calo. Mereka menjual tiket pesawat dengan harga berlipat ganda. Selisih harga tiket yang dijual calo mencapai Rp 300.000 sampai Rp 700.000.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Eddie Haryoto kemarin mengatakan, pihak keamanan di Bandara Soekarno-Hatta menangkap 14 orang yang diduga sebagai calo.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Pers dan Media Megawati, Ari Junaedi, dalam siaran persnya kemarin mengatakan, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri berencana mengunjungi korban gempa Selasa besok. "Megawati mempersingkat pemeriksaan kesehatannya di Hongkong karena prihatin atas musibah ini," demikian siaran pers tersebut. (WAD/OTW/EKI)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home